Friday, January 6, 2017

Cara Mudah Membuat Akun Gmail Di HP Android (Lengkap)

Cara Mudah Membuat Akun Gmail

  Selamat datang lagi di Blogger Newbie, setelah pada kesempatan sebelumnya saya telah menulis artikel tentang Cara Membuat Blog Dengan Mudah, saya kali ini akan membagikan sedikit artikel mengenai tentang Cara Mudah Membuat Akun Gmail Di HP Android (Lengkap).
   Inspirasi saya menulis artikel yang sangat sederhana sekali seperti ini adalah karena banyaknya user android di era modern sekarang ini, selain itu juga karena sistem operasi android itu sendiri adalah milik dari perusahaan raksaksa yaitu google, dimana jika kita ingin mendownload aplikasi misalnya di play store maka kita diharuskan atau diwajibkan memiliki akun email dari google atau biasa gka sebut google mail.
   Sebenarnya untuk kalian yang ingin membuat akun google mail caranya pun sangat mudah dan simple, bisa dilakukan dalam waktu hanya sekitar 5 menit saja, tanpa harus ribet-ribet ini itu hanya unutk mendaftarkannya, apalagi bagi kalian yang menggunakan smartphone atau ponsel yang sudah berbasis sistem operasi android.
   Sangat keterlaluan :D jika kalian para user android sampai belum bisa atau tidak bisa membuat akun google mail melalui ponsel android kalian, padahal prosesnya pun sangat mudah, dan tidak serumit yang sudah kalian bayangkan. oke bagi kalian yang sudah penasaran ingin tau bagaimana caranya akan langsung saja saya bahas di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Akun Gmail :

  1. Yang harus kalian lakukan pertama kali adalah silahkan kalian pergi ke menu pengaturan yang ada di ponsel android kalian masing-masing tentunya.
  2. Setelah itu selanjutnya jika kalian sudah masuk ke menu pengaturan di ponsel adnroid kalian masing-masing, selanjutnya silahkan kalian sroll-scroll ke bawah dan cari pada bagian akun, kemudian jika sudah ada di bagian akun, silahkan kalian lihat dibawahnya akan ada tulisan Tambahkan akun, kalian pilih lah pilihan tersebut :D.
  3. Jika sudah selesai kalian pilih Tambahkan akun dibagian akun, maka setelah itu akan muncul beberapa pilihan yang menyuruh kaliam memilih akun apa yang akan kalian tambah, disana ada pilihan untuk memilih menambah akun Email, akun BBM, group BBM, perusahaan, dan lain-lain, tidak semua ponsel android memiliki pilihan tambah akun yang sama. Karena disini kita akan menambahakun google mail, jika sudah menemui tampilan seperti itu maka kalian pilih saja yang Google tentunya atau jika ada google mail.
  4. Kemudian setelah kalian memilih untuk menambahkan akun google, maka akan muncul lagi pilihan di tambahkan akun google, menambahkan akun google yang sudah ada(jika kita sudah memiliki akun dan ingin langsung melakukan login akun google mail di ponsel android kalian, maka kalian pilih saya pada pilihan yang ini),  saja pilih baru, lalu yang kedua adalah pilihan untuk menambahkan akun google yang baru(jika kita belum memiliki akun google mail, atau sekaligus ingin mendaftar googlw mail lagi, maka pilihlah pilihan ini, lalu setelah itu jika kalian sudah selesai mendaftar akun google mail tersebut maka akun kalian akan langsung otomatis di log in kan ke ponsel android yang sedang kalian akan gunakan untuk mendaftar akun google mail tadi).
  5. Setelah itu  jika kalian memilih untuk menambahkan akun baru, maka selanjutnya pada tahap pertama kalian akan disuruh untuk memasukan nama kalian untuk profil akun google mail kalian, silahkan kalian mulai dengan memasukan nama depan dan kemudian kalian masukan nama belakang kalian, jika jika semuanya sudah selesai kalian masukan silahkan kalian klik tombol yang bertuliskan next atau jika tidak ada bisa kalian klik tombol yang tanda panah di pojok bawah yang mengarah ke kanan.
  6. Setelah kalian sudah selesai memasukan nama untuk profil di akun google kalian, sekarang selanjutnya silahkan kalian masukan atau buat nama pengguna untuk email kalian(perlu di perhatikan bahawa nama pengguna berbeda dengan nama untuk tampilan profil seperti yang saya jelaskan di tahap no 5 tadi), untuk nama pengguna kalian bisa memasukan misal untuk contoh : sandy1@gmail.com, bloggernewbie@gmail.com, namaanda@gmail.com,dll terserah kalian saja(kalian cukup memasukan username saja seperti yang saya bold di contoh tadi tanpa @gmail.com karena @gmail.com akan otomatis terisi sendiri) kemudian setelah jika kalian sudah selesai menentukan nama pengguna kalian silahkan kalian klik lagi tombol next atau jika tidak ada klik tombol tanda panah di pojok bawah yang mengarah ke kanan lagi. Catatan : jika kalian sudah memasukan nama pengguna dan sudah kalian next tetapi muncul nama pengguna tidak tersedia, itu bisa berarti nama pengguna email tersebut sudah terlebih digunakan oleh pendaftar pengguna google mail tersebut selain anda. Maka silahkan kalian masukan lagi untuk memilih nama pengguna email yang lain untuk digunakan sampai nama pengguna tersedia lalu seperti biasa silahkan kalian klik tombol next atau tanda panah di pojok kanan bawah yang mengarah ke arah kanan, jika sudah tersedia maka kalian bisa melanjutkan tahap selanjutnya, seperti dibawah ini di tahap no 7.
  7. Lalu selanjutnya setelah kalian selesai memilih atau membuat nama pengunna, sekarang selanjutnya kalian harus membuat kata sandi untuk akun google email yang akan kalian buat, pertama silahkan kalian ketikan kata sandi yang akan kalian buat di kolom pertama, dan ketik kembali kata sandi yang sama pada kolom konfirmasi kata sandi, saya sarankan saat kalian akan membuat kata sandi silahkan dibuat serumit mungkin bisa menggunakan hurus besar kecil, simbol-simbol misal @#%$ atau juga bisa menggunakan kombinasi dari haruf angka dan simbo, selain itu akan lebih baik lagi jika kita membuat kata sandinya dengan 8 karakter atau lebih jangan sampai kurang, hal ini dilakukan agar kata sandi akun google mail kalian tidak mudah ditebak oleh orang yang berniat tidak baik kepada kalian melalui akun google mail kalian, kata sandi yang telah selesai kalian buat sayasarankan dicatat agar bisa lebih mudah di ingat kembali jika suatu saat kalian lupa, kemudian setelah itu sama seperti tahap sebelumnya jika sudah selesai silahkan kalian klik tombol next atau jika tidak ada maka menggunakan tombol tanda panah di pojok kanan bawah yang mengarah ke arah kanan.
  8. Setelah kalian selesai pada tahap memasukan kata sandi, selanjutnya pada tahap ini kalian hanya akan diminta untuk menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi yang dimiliki oleh google untuk membuat akun google main, disana akan disediakan dua pilihan, yakni Saya setuju dan Jangan membuat akun, pada tahap ini yang kalian harus lakukan adalah memilih pilihan Saya setuju jika kalian ingin melanjutkan proses pembuatan akun google mail kalian, karena jika memilih Jangan membuat akun, otomatis kalian akan keluar dari prosses pendaftaran dan pendaftaran akun google email kalianpun dibatalkan.
  9. Kemudian setelah kalian menyetujui persyaratan yang di ajukan oleh google untuk membuat akun google mail, maka selanjutnya kalian akan diminta untuk menyalin atau menulis kode chapta untuk memastikan bahwa kalian benar-benar pengguna yang membutuhkan akun google mail, dan bukan Bot otomatis, lalu salinlah kode chapta yang di tampilkan ke kolom dibawahnya(jika salah kalian ulangi tersu sampai benar :D) kemudian jika sudah maka klik lagi tombol next atau jika tidak ada dengan klik tombol panah di pojok bawah yang mengarah ke kanan seperti biasanya :D.
  10. Setelah kalian menyelesaikan code chapta selanjutnya akan ada pertanyaan apakah kita ingin menampilkan layanan berita dan penawaran yang terbaru dari google play, jika kalian ingin menerima layanan berita dan penawaran yang terbaru dari google play maka pada bagian check box yang ada kalian klik hingga ada checklist, jika tidak maka hilangkan checklist pada check box yang ada, pada tahap ini terserah kalian saja mau dihilangkan atau tidak, saya sarankan hilangkan saja karena menurut saya hal ini kurang penting, dan membuat kotak masuk pada google mail kita akan selalu penuh, setelah selesai dibagian ini kalian klik saja langsung tombol panah yang mengarah ke kanan atau jika ada tombol next yang tersedia.
   Dan elamat akun google mail baru kalian telah berhasil dibuat, untuk cek email yang masuk bisa kalian cek langsung saja di aplikasi google email, lalu untuk mengatur sinkronisasi akun kalian ada di bagian pengaturan akun, kemudian setelah itu kalian klik atau pilih akun mana yang akan diatur singkronisasinya.
   Itulah sedikit artikel dari saya di Blogger Newbie, jika diantara langkah-langkah diatas masih ada yang kalian bingungkan, bisa kalian tanyakan saja langsung melalui kolom komentar yang sudah saya sediakan di bagian bawah :D. Terimakasih telah berkunjung, silahkan kunjungi artikel-artikel menarik lainnya yang ada di Blogger Newbie :D.

2 komentar

Memang membuat akun gmail lebih mudah daftar di smartphone gan